Apa Itu Pengertian Hosting ?


Apa Itu Pengertian Hosting ?

Oke guys.. ! Sebelum membeli dan terjun (nyemplung :D) lebih dalam ke pembahasan tentang seputar dunia blogger, WAJIB kita paham tentang HOSTING.

HOSTING adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs/website pribadi, perusahaan atau organisasi, situs blog dan lain sebagainya. Semua situs atau website yang kita online-kan harus memiliki tempat / HOST dimana data-data akan disimpan.

HOSTING bisa digambarkan seperti sebuah hardisk dalam laptop kita yang digunakan untuk penyimpanan data. Hosting dapat menyimpan data berupa file web, email, database.

HOSTING juga dapat diibaratkan seperti Mall/pasar. Manajemen mall/pasar menyewakan ruangan, listrik, telepon, insfrastruktur dan fasilitas lainnya untuk orang-orang yang akan membuka usaha. Setiap ruko/kios akan dikelola secara berbeda, baik itu dari segi produk, dekorasi ruko/kiosnya dan juga dari segi managerialnya. Dan tentunya kios yang disewa juga memiliki batasan ruangan, misal 8m X 10 m dan maksimumnya luas bangunan mall tersebut.

Ada banyak spesifikasi hosting, namun perlu diingat bahwa beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli hosting dan perlu di cek ke provider adalah :

  1. SPACE / Kapasitas Hosting : Ini adalah ukuran seberapa banyak anda dapat menyimpan data. Semakin besar space hosting, maka semakin baik.

    Space di kenal dengan kata lain ialah kapasitas maksimum yang di berikan untuk menyimpan sebuah file di web hosting. Jadi semakin besar space yang di berikan maka semakin banyak pula data yang bisa anda simpan karena jika sebuah web hosting memberikan space yang kecil maka akan terbatas pula jumlah file yang bisa di upload.

  2. BANDWIDTH : Besarnya data load yang diberikan baik untuk upload maupun download atau kata lain besarnya transfer data per bulan. Ukuran dari bandwidth itu sendiri adalah Megabytes/bulan dan Gigabytes/bulan. Bandwidth di reset ke nol setiap bulan.

    Yang memperngaruhi pemakaian Bandwidth adalah hal-hal seperti berikut :
    Tampilan Website : Ketika website anda di akses, maka bandwidth account anda akan berkurang sebesar halaman yang di load(dalam ukuran Byte). Website dengan banyak gambar dan video tentu akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibanding website yang menampilkan teks dan gambar.
    Upload dan Download : Upload maupun Download file akan mengurangi bandwidth account Anda. Gunakan account anda dengan semaksimal mungkin, jika tidak diperlukan lebih baik mengurangi aktivitas upload/download.
    POP3 dan SMTP : Penggunaan Email Client seperti outlook juga akan memakai bandwidth, baik itu mengirim email ataupun menerima. Attach file juga akan mengurangi lebih banyak bandwidth pada account Anda.

  3. Jumlah database : Menentukan banyaknya jumlah database yang bisa anda buat atau anda simpan di hosting tersebut.
  4. Jumlah Add-on domain : Menentukan banyaknya domain lain yang bisa di tambahkan ke hosting.
  5. Jumlah akun email : Menentukan banyaknya akun email yang bisa dibuat di hosting tersebut.

Mungkin kalian juga tahu bahwa sekarang ini banyak sekali provider hosting gratis. Lalu kenapa harus pakai yang berbayar jika ada hosting yang GRETONGAN alias GRATISAN  ???? 😀

Jawabannya : Hosting yang berbayar tentunya menawarkan dan menyediakan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang gratisan. Seperti contohnya tersedia fitur FTP, Fitur Webmail, fitur mysql, terbebas dari addvertisment / iklan yang tidak dikehendaki.

Salah satu provider hosting yaitu DomoSquare adalah salah satu provider terbaik di Indonesia dengan memiliki beberapa keunggulan, diantaranya telah menggunakan teknologi SSD, pelopor hosting otomatis di Indonesia, multi lokasi server, konsultan bagi hosting lain, menyediakan garansi 30 hari uang kembali, memiliki pengalaman lebih dari 7 Tahun tentunya harga terjangkau.

Diskusikan sesuatu:

Email Anda tidak akan dipublikasikan, yang bertanda * wajib diisi.

LIVECHAT