Daftar Domain TLD Tanpa Whois Protection


Pengertian Whois ???

Whois adalah prosedur untuk mendapatkan informasi tentang sebuah domain tertentu, seperti nama pemilik domain, dimana alamatnya, no telepon, alamat email, IP address, name server, serta usia domain tersebut.

Seiring berkembangnya Whois ini banyak di salahgunakan, terutama untuk spam. Maka dibuatlah Whois Protect untuk melindungi informasi tersebut diatas dan di ganti oleh informasi lain oleh pihak registar.

Apa manfaat Whois ?

Selain mendapatkan informasi suatu domain, Whois memiliki kegunaan sebagai berikut :

  1. Mendukung keamanaan dan kestabilan dengan menyediakan informasi kontak yang bisa dihubungi yang berhubungan dengan jaringan, ISp dan pemilik domain.
  2. Mendapatkan informasi ketersediaan domain yang belum di registar oleh orang lain.
  3. Faktor keamanan secara hukum. Membantu pihak penegak hukum dalam melakukan penyelidikan jika terjadi pelanggaran hukum baik itu mengenai teroris, pornografi, illegal content. Selain itu juga untuk pencarian data hak cipta dan merk dagang.
  4. Berkontribusi untuk kepercayaan visitor sebuah situs, seperti online shop, lembaga sosial atau instansi/perusahaan/organisasi yang menawarkan produk dan jasa.

Berikut ini adalah daftar domain TLD / Domain International yang tidak ada fitur Whois Protectionnya karena pembatasan yang diberlakukan oleh pihak registar :

  1. .ASIA
  2. .AU
  3. .CA
  4. .CN
  5. .DE
  6. .ES
  7. .EU
  8. .IN
  9. .NL
  10. .NZ
  11. .PRO
  12. .RU
  13. .SX
  14. .TEL
  15. .UK
  16. .US
  17. Lain-lainnya : .ORG.CO, .MIL.CO, .GOV.CO, .EDU.CO

Diskusikan sesuatu:

Email Anda tidak akan dipublikasikan, yang bertanda * wajib diisi.

LIVECHAT