Tutorial lengkap google search console dengan wordpress


Pengertian Google Search Console

Google search console adalah alat yang harus dimiliki oleh semua pemilik situs karena memberi Anda banyak informasi tentang bagaimana situs Anda bekerja dalam pencarian. Kami sangat menyarankan Anda untuk menghubungkan situs web Anda ke Google Search Console untuk mendapatkan manfaat penuh dari semua wawasan.

Manfaat Search Console

Alat gratis Google Search Console memberi pemilik situs banyak alat untuk memeriksa bagaimana kinerja situs mereka. Tidak hanya menunjukkan bagaimana kinerja situs Anda di balik terpal, tetapi juga bagaimana pencari melihat situs Anda di hasil pencarian. Anda akan mendapatkan informasi tentang kata kunci dan kueri yang mendatangkan lalu lintas, mencari tahu hasil penelusuran kaya mana yang diperoleh konten Anda, dan mengetahui bagaimana kinerja situs seluler Anda. Selain itu, Anda dapat memeriksa apakah Google dapat mengakses konten Anda.

Cara menghubungkan Google Search Console ke Yoast SEO

Menambahkan situs web Anda ke Google Search Console sangatlah mudah – hanya perlu beberapa langkah. Di sini, kami akan memandu Anda melalui prosesnya. Pertama, Anda harus memiliki akun Google Search Console. Belum punya akun? Daftar sekarang ke Google Search Console . Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Google Search Console .
Masuk atau klik ‘Mulai Sekarang’, jika perlu.

2. Klik ‘Tambahkan properti’ di bawah menu tarik-turun pencarian. 
Anda dapat menambahkan hingga 1000 properti ke akun Google Search Console Anda.

3. Masukkan URL situs web Anda ke dalam kotak dan klik ‘Lanjutkan’. 
Harap pastikan Anda memasukkan URL lengkap Anda. Misalnya, jika situs Anda adalah https://yourdomain.com/, itu harus URL yang tepat. Jangan lupa / di akhir URL. Jika situs Anda menggunakan WWW atau menggunakan HTTP, Anda perlu menambahkan properti untuk itu juga. Google menyediakan berbagai cara untuk memverifikasi situs Anda dan mereka bahkan menyarankan untuk menambahkan berbagai cara karena keamanan. (Pilih salah satu metode saja)

4. Klik panah di samping ‘tag HTML’ untuk memperluas opsi. 
Ada beberapa cara untuk memverifikasi situs Anda, tetapi kami telah membuatnya mudah untuk Anda. Kita hanya perlu mendapatkan kode otorisasi agar bisa menempelkannya di Yoast SEO.

5. Salin meta tag. 
Sorot seluruh kode meta tag. Klik kanan pada tag yang disorot dan klik ‘Salin’ atau gunakan pintasan salin ctrl-c di Windows atau cmd-c di Mac.

6. Masuk ke situs WordPress Anda. 
Saat Anda masuk, Anda akan berada di ‘Dasbor’ Anda.

7. Klik ‘SEO’. 
Di sisi kiri, Anda akan melihat menu. Di menu itu, klik ‘SEO’.

8. Klik ‘General’. 
Pengaturan ‘SEO’ akan berkembang memberi Anda opsi tambahan. Klik ‘General’.

9. Klik pada tab ‘Webmaster Tools’ 
Halaman ini memiliki semua bidang untuk melewati kode verifikasi untuk berbagai alat webmaster.

10. Tempel kode di kolom Google dan klik “Save Changes”.

11. Kembali ke Google Search Console dan klik ‘Verify’.
Selamat! Anda telah menghubungkan situs web Anda ke Google Search Console! Sekarang setelah Anda memverifikasi dan menautkan situs Anda, Anda dapat mengirimkan peta situs Anda. Belum lagi semua hal keren lainnya yang mampu dilakukan Search Console!

Cara Memeriksa Tag Verifikasi Anda

1. Pada layar kiri atas dan pilih domain Anda

2. Pilih Pengaturan di bilah menu

3. Klik Verifikasi Kepemilikan

4. Klik Tag HTML dan lihat apakah tag verifikasi cocok.

Diskusikan sesuatu:

Email Anda tidak akan dipublikasikan, yang bertanda * wajib diisi.

LIVECHAT